Minggu, 30 Agustus 2009

Desa Paloan

Kondisi Geografis
Desa Paloan merupakan sebuah desa di kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak. Desa ini tepatnya berada di sebelah barat kota Ngabang dengan jarak kira-kira 72 km. Desa ini memiliki keunikan tersendiri, dimana desa ini tepat berada di lembah gunung sehaq yang asri. Gunung sehaq bagi penduduk sekitarnya di jadikan sebagai ikon desa ini. keadaan topografinya berbukit-bukit, di kelilingi vegetasi hijau yang masih asri. Dengan curah hujannya mencapai 2000 mm/tahun, sehingga proses pelapukan berjalan efektif, dengan diselingi peristiwa longsor lahan. Di perkirakan ada 7-10 titik lonsor terjadinya dalam setahun, khususnya di gunung sehaq.

Keadaan Penduduk
Penduduk Desa paloan beragama Khatolik 50 %, Protestan 45% dan Islam 5 %. Mata pencaharian penduduknya adalah sebagai petani, pegawai dan wirausaha (pedagang). Desa paloan di bagi atas beberapa Dusun yaitu: 1.Dusun Paloan 2.Dusun Sa'ango 3.Dusun Pengapet 4.Dusun Sekaro 5.Dusun Lanso 6.Dusun Kebadu 7.Dusun Desa Paloan sekarang ini dipimpin oleh seorang kepala desa yang bernama Bpk.Pardodoi. Masa bakti tahun 2007-20011.
Objek wisata Di desa Paloan terdapat banyak objek-objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Keindahan alam dan budaya penduduk setempat dapat menjadikan atraksi wisata yang dapat dikembangkan. Namun keberadaan objek wisata ini belum sama sekali dikembangkan sama selkali, karena keterbatasan biaya dan lokasi medan yang jelek. Di perlukan pihak luar untuk bisa membangun industri pariwisata di desa ini, seperti keikutsertaan Pemda setempat untuk mengembangkannnya. Salah satu objek wisata yang sekaligus kembangggan warga desa paloan adalah objek wisata gunung Sehaq.
Penutup
Desa Paloan adalah salah satu desa maju yang terdapat di kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Keberadaannya sangat perlu di perhitungkan guna dapat menunjang kehidupan masyarakatnya.
Struktur perangkat desa paloan dapat menjadi contoh kecil penerapan demokrasi yang baik.

Saran
Semoga di masa yang akan datang desa Paloan dapat menjadi desa swasembada yang mandiri, yang mampu mencetak generasi muda yang kompeten di bidangnya. Dan peningkatan sumber daya manusia menjadi baik dan berkualitas.

2 komentar:

  1. maaf ya para pembaca di mana pun berada blog ku ini kurang sempurna. itu semua karena penulis masih dalam tahap belajar, untuk itu kritik dan komentarnya saya lapangkan dan saya tunggu...

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: pusatkud.jakarta@gmail.com Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: +62 813-8327-6229 DRS.H.SUPRIYONO jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus